Filled Under:

Pembagian Warisan Budaya di Indonesia

Bismillahirrohmanirrohim
Indonesia memiliki banyak warisan budaya, ada yang kelas mendunia ada juga yang hanya sampai kelas lokal saja. Banyak yang tahu bahwa salah satu "world heritage" atau warisan dunia di Indonesia adalah Borobudur. Namun, warisan budaya Indonesia tidak hanya itu saja. maka dari itu untuk mempermudah pengenalan warisan budaya Indonesia tersebut, maka perlu dibagi menjadi beberapa kelas. 

Kelas Pertama atau Kelas A
Kelas pertama adalah World Heritage atau Warisan Dunia. Salah satu contoh Warisan Dunia di Indonesia adalah:
Borobudur. Borobudur merupakan Warisan Budaya Dunia yang ditetapkan oleh UNESCO sejak tahun 1991. Borobudur merupakan Candi Buddha yang dibangun oleh Dinasti Syailendra di Jawa pada Abad 8 SM dan 9 SM. 





Kelas Kedua atau Kelas B
 Untuk Kelas B adalah National Heritage atau Warisan Nasional. Warisan Nasional adalah warisan budaya yang luang lingkupnya hanya sampai batas nasional saja. Contoh dari Warisan Nasional adalah: 
Masjid Gedhe Mataram. Merupakan masjid tertua di Jogjakarta, bahkan lebih tua dari keraton Jogja sekalipun. Masjid ini memiliki arsitektur Hindu Majapahit dan dibangun pada tahun 1604 oleh raja Mataram Islam pertama yaitu Sultan Agung. 






Kelas Ketiga atau Kelas C
Kelas C yaitu berada pada kelas Province Heritage, yaitu warisan budaya yang ruang lingkupnya hanya sampai batas provinsi saja. Contohnya adalah:
Monumen Suryo. Merupakan monumen yang dibangun untuk memperingati jasa Gubernur pertama Jawa timur yaitu Gubernur Suryo. Gubernur Suryo meninggal dalam insiden kerusuhan komunis pada tahun 1948. 









Kelas Keempat atau Kelas D
Yaitu kelas terakhir pada pembagian kelas Warisan Budaya, yaitu Local Heritage atau warisan budaya lokal. warisan budaya ini ruang lingkupnya hanya sebatas lokal dari warisan budaya tersebut berada. Contohnya adalah:
Ukir Gebyok Kudus. Ukir Gebyok Kudus sudah berkembang lama di kota kudus. ukiran ini merupakan salah satu jenis seni ukir untuk dekorasi rumah. Ukiran ini termasuk ukiran halus dan berharga sangat mahal. 









Image By: Google